Blue Angel Wing Heart Ikatan Mahasiswa Pulp dan Kertas ITSB

IYIA 2016

Gold 3rd International Young Investors Award (IYIA 2016).

KULIAH UMUM

Problem Solving About Split Dry Strenght and Filler in Wet End to Improve Efficiecy.

IMPAS TIME 1

Grap Your Time,Fresh Your Mind.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

aac

Ikatan Mahasiswa Pulp dan Kertas ITSB | IMPAS-ITSB | Integrity - Attitude - Ability

Pengelolaan Limbah Cair Perusahaan Pulp and Paper untuk Masyrakat Sejahtera

 Pengelolaan Limbah Cair Perusahaan Pulp and Paper 
untuk Masyrakat Sejahtera 


Semakin sedikitnya jumlah air bersih yang tersisa di dunia ini menyebabkan kian berharganya air yang ada. Namun, tak jarang bahkan kerap kali kita dengar bahwa Perusahaan kertas menjadi tokoh utama dalam pencemaran limbah air dan Perusahaan ini pun terlekat dengan stigma negatif pada bayangan masyarakat umum.

Meskipun telah melakukan berbagai upaya untuk menghindari pencemaran limbah ini agar  stigma negatif itu menghilang dari masyarakat, tak banyak masyarakat yang tahu akan perbaikan yang telah dilakukan perusahan dan terus mencap negatif. Oleh karena itu, dari artikel ini penulis mencoba meluruskan tentang kesalahpahaman yang ada dan kesalahpahaman yang mungkin terjadi di hari mendatang.

Mari kita ulas dari awal penyebab Stigma negatif ini muncul di  kalangan masyarakat, faktor-faktor yang menyebabkan stigma tersebut ialah limbah yang dikeluarkan Perusahaan Pulp dan Kertas antara lain dapat menyebabkan :
1.      1, Terbunuhnya ikan, kerang dan invertebrata akuatik lainnya,
2.      2. Masuknya zat kimia karsinogen dan zat pengganggu aktivitas hormon ke dalam lingkungan,
3.      3. Menghabiskan jutaan liter air tawar,
4.      4. Menimbulkan risiko terpaparnya masyarakat oleh buangan zat kimia .

Terkait faktor – faktor yang telah disebutkan diatas,  Apakah sebaiknya kita tutup saja perusahaan tersebut ? Apakah yang perusahaan lakukan untuk memperbaiki keadaan dan dapat mensejahterahkan masyarakat ?

Dengan ditutupnya perusahaan tersebut bukanlah suatu jalan menyelesaikan masalah, malah bisa jadi menimbulkan masalah di masa mendatang, mengapa demikian? Dengan ditutupnya pabrik kertas ini akan menimbulkan banyak pengangguran dan membuat negara kita kehilangan salah satu aset pendapatannya.

Untuk itu, Coba kita lihat dari sisi perusahaan, perusahaan terus mempelajari bahaya yang ia timbulkan dan terus mendatangkan SDM terpelajar dan ahli dalam bidang ini agar tidak ada pihak yang dirugikan

Lalu apa yang telah dilakukan pihak perusahaan sejauh ini dan jarang diketahui masyarakat umum ?

Sebelum dibuang ke alam, kini limbah tersebut dilakukan pengelolaan terlebih dahulu agar tidak membahayakan lingkungan dan sisa dari limbah ini dapat dipakai kembali sehingga dapat menekan jumlah air yang digunakan

Adapun pengelolaannya dibagi menjadi 3 tahapan yaitu,

1.      1.  Fisika, pada bagian ini sisa kayu disaring dan apabila ada yang ukuraanya terlalu besar akan dikembalikan lagi ke mesin, pada bagian ini juga dilakukan pengendapan suspensi pada bak pengendap yang dapat  menghilangkan 80% zat padat yang tersuspensi dan 50-995 BOD, dan pada bagian ini Sisa cairan pemasak dalam serat dibersihkan dengan mengguna- kan washer, kemudian sisa dari cairan ini disaring kembali sebelum masuk ke unit pemekatan.
2.      2. Pengolahan air buangan secara kimia biasanya dilakukan untuk menghilangkan partikel-partikel yang sukar mengendap, senyawa fosfor, logam-logam berat, dan zat organik beracun. Cairan sisa dari hasil proses pemutihan yang menggunakan bahan kimia chlorine dioksida, ekstraksi caustic soda, hidrogen peroksida. Dalam proses pemutihan, setiap akhir satu langkah dilakukan pencucian untuk meningkatkan efektivitas proses pemutihan. Sebelum bubur kertas yang diputihkan dialirkan ke unit pengering, sisa klorin dioksida akan dinetralkan dengan injeksi larutan sulfur dioksida, selain itu perusahaan kertas juga menambahkan bahan pengendap secukupnya dan sedikit larutan hypo untuk membunuh bakteri dan jamur sebelum mengalami proses pengendapan di dalam settling basin dan penyaringan sehingga dihasilkan air proses yang bersih dan bebas jamur.
3.     3. Biologi,  bagian ini menggumpalkan dan menghilangkan/menguraikan padatan organik terlarut yang biodegradable dengan memanfaatkan aktivitas mikroorganisme.Larutan didinginkan di 6 unit menara pendingin sebelum dialirkan ke deep tank air activated sludge untuk mengurangi kandungan organik secara biologi dengan memanfaatkan bakteri dan gas oksigen dari udara yang diinjeksikan dan bantuan dari pupuk fosfor dan nitrogen.

Dari penjelasan diatas dalam pemrosesan limbah cair, perusahaan kertas telah mendapatkan kan limbah cair yang sesuai dengan standar baku mutu limbah cair yang telah ditetapkan pemerintah berdasarkan Keputusan Menteri LH No 51 Tahun 1995 untuk pabrik pulp, yakni toleransi PH dikisaran 6,0-9,0, BOD5: 150 mg/l, COD: 350 mg/l, dan TSS 150 mg. Dengan demikian, limbah ini tidak akan membahayakan masyarakat dan perusahaan ini dapat menekan penggunaan air yang mereka gunakan karena sisa air yang didapatkan dari proses akhir akan di daur ulang lagi dan dipakai kembali untuk proses.
Tidak salah bila Masyarakat berstigma negatif akan perusahaan pulp dan kertas. Namun kecurigaan tanpa mempelajari apa yang sebenarnya terjadi adalah sebuah kesalahan. Alangkah lebih baiknya bila masyarakat, pemerintah, dan perusahaan kertas berkerjasama untuk membangun Indonesia yang lebih baik bukan mengambil keputusan yang akan merugikan salah satu pihak.



IMPAS COMPETITION

IMPAS COMPETITION


Ngomong-ngomong soal Impas Competition pasti muncul nih dalam benak kita “Apasih IMPAS COMPETITION  itu?
Impas Competition atau sering disingkat IC  adalah sebuah  proker besar IMPAS dari Divisi Sparta ( sport and art association) dimana para IMPASian bertanding dalam berbagai cabang olahraga seperti futsal, basket,volly, bulutangkis,tenis meja, dan sprint. Lalu bagaimana dengan yang ga bisa mengikuti cabor seperti yang telah disebutkan? Dalam hal ini panitia IC juga menyediakan kompetisi dalam bidang Fotografi. Dalam ajang IC ini IMPASian bertanding dalam bentuk tim maupun individual tergantung pada cabang olahraga masing-masing.

Tanggal 24 Maret 2018 kemarin telah diadakan Opening Impas competition yang dihadiri oleh seluruh massa impas. Dengan diadakan opening ini diharapkan dapat menjadi tonggak awal keberhasilan impas competition pada tahun 2018. Setelah opening ini usai, panitia IC langsung mempersiapakan segala hal yang berhubungang dengan perlombaan karena akan dilangsungkan pertandingan pertama yaitu basket.

IC kali ini berlangsung dari tanggal 24 maret 2018 – 2 April 2018 yang berlokasi di Lapangan Basket ITSB, Aula Kampus ITSB, Sport Center, dan Jalan Baru  di sebelah Kampus ITSB. Spot-spot yang berbeda untuk setiap Cabor ini dikarenakan kebutuhan yang berbeda untuk setiap Cabor.

Kalau opening udah, pertandingan udah , juara IC Udah ada,  terus closingnya kapan dan gimana nih ? Bakal seru ga? So pasti banget acara sekeren IC ini ditutup dengan penutupan yang ga kalah seru dan keren dong.

Closing IC ini berlansung pada tanggal  2 april pukul 15.30 WIB. Ada apa aja sih diclosing ini ? Diawal pembukaan closing para IMPASian bakal terpukau banget nih sama penampilan dari basket all star, tp syangnya karena kondisi cuaca yang tak memugkinkan untuk basket all star tidak apa dilaksanakan. Perlu kita tahu bahwa di closing tidak cukup smaai disitu adapun IMPASian juga dibangkitkan jiwa patriotisme-nya dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan tentunya  IMPASian juga disuguhkan dengan tarian yang mempesona sebelum penutupan secara resmi.

Puncak penutupan IC ini dilakukan secara simbolis menggunakan pluit yang dilanjutkan  dengan doa dan penutupan. Acaranya sampai sini aja? Ga dong,  dari pertandingan yang udah dilaksanain , tentunya pasti ada juara, nah acara dilanjutkan dengan pembagian hadiah-hadiah buat MPASian yang juara dalam setiap Cabang.

Selamat ya yang sudah menang di IC 2018 kali ini, semoga kedepannya kalian yang tidak juara akan menjadi juara ditahun selanjutnya,

Rapat Besar IMPAS 17 maret 2018


Rapat Besar IMPAS
                                                                
           
            Sabtu, 17 Maret 2018  Kepengurusan baru IMPAS  mengadakan Rapat Besar untuk pertamakalinya.

            Sebelumnya apasih Rapat Besar ? Rapat besar adalah Rapat yang dihadiri oleh semua masa IMPAS dan merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh masa IMPAS untuk menyampaikan Aspirasi yang mereka miliki.

            Memasuki awal kepengurusan tentunya belum semua masa  IMPAS tau mengenai kepengurusan  IMPAS periode 2018-2019 dari kelima divisi yang ada, yaitu, KOMPAS, SPARTA, DAHAGA, INTERNAL DAN KANSAS. Dan siapa saja yang menjadi delegasi IMPAS untuk tahun ini. Sehingga, dalam rapat besar kali ini diperkenalkanlah semua pengurus IMPAS dan para delegasi IMPAS baik Kabinet, MPM, maupun UKM.

            Selanjutnya transparansi keuangan adalah hal yang sangat penting dalam suatu kepengurusan begitupun dalam kepengurusan IMPAS. Pada kesempatan kali ini bendahara IMPAS juga mengambil alih dengan menyampaikan laporan keuangan IMPAS agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam keuangan.

            Pada momen ini pengurus IMPAS juga diberi kesempatan untuk menyampaikan proker mereka untuk tiap divisi kepada masa IMPAS . Apa aja sih proker IMPAS secara garis besar ? Proker IMPAS antara lain, IFW (Ion, Diesnatalis dan Hari Pohon), IFD, Takeoff, Symposium, Kuliah umum, pembuatan PDH dan Jahim, Impas competition dll.

            Dalam tak lupa pada rapat besar ini, disampaikan rencana perubahan AD-ART periode sebelumnya dan AD-ART hasil revisi pengurus. Ada beberapa pasal yang mengalami perubahan dan penambahan pasal baru. Dalam rapat ini juga dijelaskan kembali perihal IFD dan meminta aspirasi dari masa IMPAS. Selain itu, dari pihak pengurus juga menyampaikan mengenai diskusi 3 arah dan open recruitment untuk kepanitiaan acara-acara IMPAS.

"Peresmian IKATPP ITSB"


Peresmian IKATPP ITSB


           Apasih Ikatan Keluarga Alumni TPP ? Dari namanaya saja pasti kita bisa menebak bahwa Ikatan Keluarga Alumni TPP ini merupakan sebuah organisasi yang terdiri dari alumni-alumni Program Studi TPP ITSB yang saat ini masih terdiri dari angkatan 2012 dan 2013.

            Ikatan Keluarga Alumni TPP atau bisa disingkat IKATPP ini diresmikan di Aula ITSB pada tanggal 24 Februari 2018. Peresmian  IKATPP Ini ditandai dengan ditandatanganinya Sertifikat IKATPP  oleh Ketua Program Studi yaitu Bapak Dr.Ir Gatot Ibnu Santosa dan ketua IKATPP Kak Fauzi Cikal Antarika, S.Tr serta disaksikan oleh Pihak Dosen TPP dan perwakilan IMPASian.  Tak lupa disampaikan pula AD-ART dari IKATPP dan Siapa saja yang menjadi roda penggerak atau Pengurus IKATPP ini.

            Setelah melewati lika-liku perkuliahan dan manisnya kebersamaan di ITSB dan sekarang telah memiliki rutinitas lain yaitu bekerja, tentunya mereka memiliki “hal” yang dapat dibagi untuk semua hadirin yang datang.. Di momen sharing ini mereka berbagi banyak hal yang amat bermanfaat untuk dijadikan pelajaran. Dari pengalaman bekerja, pengalaman dulu sewaktu di kampus dll yang dibagikan kepada dosen dan IMPASian, timbul beberapa hal yang mencangkup materi perkuliah yang perlu ada saat ini yang dibutuhkan dipekerjaan nanti. Tak sampai disitu acara dilanjutkan dengan beberapa penjelasan kondisi prodi saat ini terkait kurikulum yang disampaikan oleh ketua program studi langsung Bapak Gatot. Di penyampaiannya pun timbul lagi pertanyaan yang terlontar baik dari Alumni dan IMPSian yang hadir.

            Rasanya pasti ada yang kurang jika kita hanya mendengar sharing mereka sebentar aja kan yang hanya beberpa orang juga yang hadir ? Oleh karena itu, setelah acara peresmian di pagi hari kakak-kakak alumni yang baik hati ini hadir lagi nih di cara Talkshow yang dihadiri oleh seluruh IMPASian. Di acara Talkshow ini mereka diajak kembali flashback pada saat mereka menjadi MABA dan lika-liku selama mereka kuliah mulai dari pengalaman akademik dan non akademik. Selain itu masa IMPAS juga bebas buat tanya-tanya ke mereka. Acara diakhiri dengan sesi foto bersama.
            Dari acara ini, dapat dipetik sebuah pelajaran berharga, bahwa impas itu keluarga dan yang namanya keluarga itu bukan soal jarak yang memisahkan tapi soal bagaimana silahturahmi dan kasih sayang antar keluarga itu tetap terjaga. Dengan dibentuknya IKATPP ini diharapakan silahturahmi terjaga dengan baik dan mampu menjadi sebuah wadah untuk IMPAS yang lebih baik lagi.
           


Putri R.A
x