Blue Angel Wing Heart Metode Peningkatan Kualitas Kertas ~ Ikatan Mahasiswa Pulp dan Kertas ITSB

aac

Ikatan Mahasiswa Pulp dan Kertas ITSB | IMPAS-ITSB | Integrity - Attitude - Ability

Metode Peningkatan Kualitas Kertas

Untuk meningkatkan kualitas kertas, perlu adanya suatu metode untuk memodifikasi serat supaya menghasilkan lembaran kertas dengan kualitas yang ingin dicapai. Salah satu metode yang dikenal adalah penggilingan serat atau refining.

Menurut Berita Selulosa Vol. 42 (2007:2), penggilingan merupakan operasi untuk modifikasi serat sehingga menghasilkan kertas dengan sifat yang dikehendaki. Secara umum, peristiwa penggilingan memberikan beberapa efek terhadap serat, diantaranya adalah hidrasi yang berakibat pecahnya dinding serat diikuti dengan pembengkakan serat, penyikatan serat (brushing), fibrilasi, pemotongan serat dan pembentukan serat halus (fines). Pembentukan fines sangat diperlukan untuk mempercepat stabilitas proses melalui peningkatan kekuatan lembaran. Tetapi jika pembentukan fines berlebihan, maka akan memberikan beberapa kerugian selama proses pembuatan kertas, yaitu mengurangi laju drainase air di mesin, meningkatkan beban pengeringan, meningkatkan pendebuan, menurunkan kecepatan mesin dan mengakumulasi fines 

Selain refining, peningkatan kertas juga dapat dilakukan melalui metode surface sizing. Menurut J.C Robert (1996:145) surface sizing merupakan metode yang digunakan untuk meningkatkan kualitas permukaan kertas baik sebagai tujuan itu sendiri ataupun sebagai prasyarat untuk proses coating. Selain itu, menurut Holzforschung, Vol. 63 (2009:282) surface sizing akan memengaruhi porositas, kekasaran dan kekuatan internal kertas. Berdasarkan pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa surface sizing akan berpengaruh pada kekuatan kertas yang dihasilkan.

0 comments:

Posting Komentar