Blue Angel Wing Heart "Kabayan, Nyi Iteung & Om Jin Keliling Nusantara" Berhasil Meraih Penghargaan di Kabaya ITSB 2014 ~ Ikatan Mahasiswa Pulp dan Kertas ITSB

aac

Ikatan Mahasiswa Pulp dan Kertas ITSB | IMPAS-ITSB | Integrity - Attitude - Ability

"Kabayan, Nyi Iteung & Om Jin Keliling Nusantara" Berhasil Meraih Penghargaan di Kabaya ITSB 2014

Penampilan teman-teman IMPASIAN yang bertema “Kabayan, Nyi Iteung & Om Jin Keliling Nusantara” berhasil meraih penghargaan Juara Umum pada acara Kabaya (Kampung Budaya) yang digelar oleh Kemensebaya (Kementrian Seni & Budaya) yang bekerjasama dengan UKM LSS (Lingkung Seni Sunda) di ITSB kemarin. 

“Kabayan, Nyi Iteung & Om Jin Keliling Nusantara” adalah ide dari Ridwan Mulya Kurniawan (IMPASIAN 2012) yang bercerita tentang Nyi Iteung yang mendapat lampu ajaib dari seseorang yang tidak dikenal. Lalu saat diberikan pada Kabayan, Nyi Iteung melarang kabayan untuk menggosok lampunya. Karena penasaran, Kabayan pun tidak menghiraukan larangan Nyi Iteung. Akhirnya Kabayan pun menggosok lampu ajaibnya, dan tiba-tiba ada sesosok Jin yang keluar dari lampu ajaib itu. 

Jin yang keluar dari lampu ajaib itu kemudian memberi 3 permintaan kepada Nyi Iteung dan Kabayan. Nyi Iteung ingin meminta Jin agar membawa mereka pergi keliling Nusantara, dan akhirnya Nyi Iteung pun meminta Jin untuk membawa mereka ke Papua. Saat sampai di Papua, mereka melihat tarian Papua dari penduduk setempat. Saat para penari selesai melakukan tariannya, Kabayan memanggil salah salah satu dari penari tersebut. Tanpa diduga, salah satu penari yang dipanggil Kabayan bukanlah dari Papua, melainkan dari Jawa. Disitu mereka berbincang-bincang dengan Bahasa masing-masing, Jawa & Sunda. 

Setelah berbincang-bincang dengan penari Papua, Kabayan lalu menggosok lampu ajaib lagi dan meminta Jin agar membawa mereka ke tempat yang banyak penari ceweknya. Akhirnya mereka pun dibawa Om Jin ke daerah Aceh untuk melihat Tari Saman yang dibawakan oleh Putri-putri daerah Aceh. Puas meliat Tari Saman, Nyi Iteung lalu merebut lampu ajaib dari tangan Kabayan, lalu Nyi Iteung menggunakan permintaan terakhirnya. Nyi Iteung meminta kepada Jin agar permintaannya dijadikan 2 permintaan lagi & akhirnya Om Jin mengabulkannya. 

Nyi Iteung tidak mau kalah dengan Kabayan, dia menggunakan permintaan permintaan pertama agar dia dibawa ke daerah yang banyak penari cowoknya. Lalu Om Jin membawa mereka ke Korea, dan disana mereka melihat penampilan Boyband. Setelah puas melihat penampilan boyband, Kabayan pun menggunakan permintaan terakhir untuk kembali ke daerah asalnya. Sesampainya didaerah asalnya, Kabayan & Nyi Iteung melihat Pencak Silat dari masyarakat sekitar. Setelah selesai melihat, tiba-tiba saja ada 2 penjahat yang menyandera Nyi Iteung. Kabayan pun meminta bantuan kepada ahli silat untuk melawan penjahat. Dan akhirnya Nyi Iteung pun berhasil diselamatkan. 

Di akhir cerita, Kabayan mengatakan bahwa kita harus bangga menjadi orang Indonesia. Karena Indonesia memiliki banyak sekali kebudayaan yang beragam. Oleh karena itu, kita harus melestarikan kebudayaan itu agar tidak hilang. 

Itulah ringkasan cerita dari “Kabayan, Nyi Iteung dan Om Jin Keliling Nusantara” yang dibawakan oleh teman-teman IMPASIAN yang berhasil menjadi Juara Umum Kabaya ITSB 2014.

2 komentar: