Blue Angel Wing Heart Hari Pohon 2016 ~ Ikatan Mahasiswa Pulp dan Kertas ITSB

aac

Ikatan Mahasiswa Pulp dan Kertas ITSB | IMPAS-ITSB | Integrity - Attitude - Ability

Hari Pohon 2016



Salam Lestari !!!

Hari Pohon 2016
- Save our World
- Save our Trees

Pohon merupakan sumber oksigen bagi manusia, manusia di dunia ini hidup mebutuhkan oksigen tak adanya pohon semakin sulit kita memperoleh oksigen sebagai topang hidup manusia. Di era globalisasi saat ini bangsa di dunia terutama di indonesia sangatlah masih jauh dari kata kelestarian pohon ataupun alamnya, melihat lingkup kecil dari masyarakat sekitar dapat di lihat saja begitu minim kelestariannya. Hari pohon sedunia yang kita peringati setiap tahunnya yang bertepatan pada tanggal 21 November sangatlah kurang di perhatikan oleh beberapa kalangan, bahkan mungkin hanya sebagian kecil yang tahu akan peringatan Hari Pohon sedunia ini, padahal pada tanggal itu masyarakat di dunia seharusnya tahu dan ikut berpartisipasi kepada alam yang memberikan segalanya bagi kehidupannya. 

Tak hanya itu alam dan pohon merupakan bagian dari ilmu yang perlu kita ketahui karena kita ada didalam ruang lingkupnya, sebagai ilmu yang harus diketahui banyak orang disini bahwasannya 1 pohon besar itu dapat memberikan keberlangsungan hidup 2 manusia, selain itu sebagai yang kita tahu ada pun manfaat lainnya dari pohon yang berada di alam sekitar kita antara lain :
1.      Produsen
Di alam, terjadi proses hubungan timbal balik, ketergantungan antarkomponen selalu melibatkan unsur tanaman. Baik secara langsung maupun tidak langsung. Rantai makanan dan piramida makanan, misalnya. Ketiganya menempatkan tanaman pada posisi strategis, yaitu sebagai penyedia makanan atau produsen.
Oleh karena itu, bila tanaman yang bertindak sebagai produsen sampai terganggu keberadaannya atau bahkan terancam kepunahan, dapat dipastikan semua makhluk hidup lain pun akan terancam kepunahan pula.

2.      Menahan Laju Air dan Erosi
Fungsi pohon lainnya adalah untuk menahan laju air. Menurut penelitian, hutan mampu membuat lebih banyak air yang terserap ke dalam tanah 60-80 persen. Dengan kemampuan ini, keberadaan pohon dapat meningkatkan cadangan air tanah. Selain dapat menahan laju air, akar pohon berfungsi erosi tanah. Tanah yang terkikis akan masuk ke aliran sungai dan menyebabkan terjadinya endapan.
3.      Menjaga Kesuburan Tanah
Air hujan yang langsung jatuh ke tanah dapat menyebabkan lapisan tanah bagian atas yang berhumus dan subur menjadi tergerus sehingga mengakibatkan menurunnya kesuburan tanah. Bila permukaan tanah banyak ditanami pohon, saat hujan turun, butir-butir airnya tidak langsung menimpa permukaan tanah, tetapi ditahan oleh daun, ranting, dan batang pohon, sehingga mengurangi gaya gerus air terhadap tanah.
4.      Menghasilkan Oksigen dan Mengurangi Karbondioksida
Oksigen adalah gas yang diperlukan manusia dan hewan untuk bernapas. Sementara pohon, memiliki kemampuan untuk melakukan fotosintesis yang menghasilkan gas oksigen dan gula. Di saat bersamaan atau saat fotosintesis berlangsung, tanaman menghisap gas karbondioksida.
Gas karbondioksida adalah gas yang sangat beracun. Bila dalam jumlah yang berlebihan, akan menimbulkan efek rumah kaca. Berdasarkan penelitian, setiap 1 hektar hutan tropis dapat mengubah 3,7 ton CO2 menjadi 2 ton O2

 
5.      Lingkungan Menjadi Nyaman
Lingkungan yang rindang dan banyak ditumbuhi pepohonan akan terasa lebih nyaman, sejuk, mencegah kebisingan dan kepanasan, serta menambah indah pemandangan. Hal tersebut akibat proses evapotrenspirasi pada tanaman dapat menyebabkan suhu di sekitarnya menjadi lebih rendah dan kadar kelembapannya meningkat.
6.      Mengurangi Zat Pencemar Udara
Kegiatan pabrik banyak menghasilkan asap tebal yang pekat dan mengandung karbondioksida. Begitu pula, kegiatan pembakaran yang menggunakan bahan bakar minyak. Selain karbondioksida, asap tersebut mengandung sulfur dioksida dan asam sulfat. Zat-zat tersebut apabila bercampur dengan air hujan akan menghasilkan hujan asam yang membahayakan kesehatan kulit serta menimbulkan korosi.

IMPAS (Ikatan Mahasiswa Pulp dan Kertas) ITSB yang merupakan sebuah organisasi lingkup kampus dan ikut mendukung aksi penghijauan pemerintah, oleh sebab itu IMPAS mengadakan sebuah aksi peduli lingkungan dan pemberian wawasan kepada kalangan masyarakat baik terutama instansi pendidikan yang mana di situ merupakan geraknya pemuda pemudi indonesia dalam menciptakan dan merubah bangsa indonesia menjadi lebih baik kedepannya. Generasi muda merupaan tonggak kedepan bangsa itu sendiri, maka dari itu IMPAS mengadakan serangkaian acara hari pohon 2016 ini dengan mengusung tema Peran Generasi Bangsa untuk Lingkungan sebagai Bentuk Peduli di Era Globalisasi” dengan harapan para generasi bangsa saat ini peduli akan lingkungan dengan 3 acara yang di usung untuk kegiatan hari pohon sedunia, antara lain : 
  •  Lomba Essay Nasional tingkat SMA sederajat seluruh Indonesia dan tingkat Universitas seluruh Indonesia. Pelaksanaan dimulai dari tanggal 10 September - 11 November 2016 untuk pendaftaran peserta, 12 - 18 November 2016 untuk penjurian Essay dan 19 November pengumuman pemenang 2 katagori dari SMA dan Universitas Seluruh Indonesia dengan masing-masing katagori di ambil 2 pemenang yang mendapatkan uang pembinaan dan sertifikat juara.
  •  Penanaman pohon dan sosialisasi Biopori di SMA/SMK sederajat di wilayah Kab. Bekasi antara lain : SMAN 2 Cikarang Pusat, SMK Kesehatan Dewantara, dan SMAN 2 Sukatani. Pelaksanaan sendiri pada tanggal 17-18 November 2016 yang diikuti dari pihak siswa siswa dari sekolah asal dan panitia penyelenggara hari pohon 2016. 
 
  Kegiatan Hari 1 Penanaman Pohon di SMAN 2 Cikarang Pusat
 
 
     Kegiatan Hari 2 Penanaman Pohon di SMAN 2 Sukatani oleh TIM 1
 
Kegiatan Hari 2 Penanaman Pohon di SMK Kesehatan Dewantara oleh TIM 2

  •  Seminar Hari pohon yang diikuti oleh siswa SMA/SMK sederajat dan Mahasiswa baik dari ITSB sendiri maupun institusi lainnya. Pelaksanaan seminar pada tanggal 19 November 2016 dengan mendatangkan pembicara dari beberapa ahli di bidangnya, antara lain : Dr. Ir Gatot Ibnusantosa, DEA selaku ketua prodi TPP dan Organisasi APKI Indonesia; Dadan Rmdan selaku Direktur WALHI Jawa Barat; dan Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kab. Bekasi. 
 
  Kegiatan Hari 3 Seminar Hari Pohon

Hari pohon 2016 yang di selenggarakan oleh IMPAS ITSB dimana pada tahun ini di ketuai oleh Ricky Eka Firmansyah dari Teknologi Pengolahan Pulp dan Kertas angkatan 2013 dengan dibantu dengan 35 panitia lainnya dan didorong oleh ketua himpunan dan wakil ketua himpunan yang juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. 

 
  Panitia Hari Pohon 2016


Acara yang cukup besar ini terlaksana sangat baik dengan dukungan beberapa pihak terkait dari sponsor seperti APP, CCAI, CSR Komatsu KUI, Hydrococo, Aspelindo, GPT. Selain itu acara ini juga didukung bebrapa pihak terkait seperti ITSB, KM-ITSB, IGAF (Indonesian Green Action Forum) LC IPB, dan Pemerintah Kab. Bekasi. Dengan banyaknya dukungan tersebutlah acara aksi peduli lingkunga serta sebagai bentuk Peringatan Hari Pohon 2016 yang diselenggaran IMPAS ITSB dapat berlangsung. Berbagai masukan dan dukungan positif oleh beberapa pihak di tahun 2016 ini diharpkan kedepannya menjadi acuan lebih baik dan melebihkah ruang lingkup tujuan acara ini agar masyarakat benar-benar merasakan adanya kegiatan ini, baik dari penaman yang ditingkatkan pada tempat ataupun segi waktu penulisan karya anak bangsa berupa essay agar partisipasi para generasi bangsa lebih banyak. 

Dilihat dari berbagai dukungan dan pihak positif yang datang dapat dikatakan bahwa memang bangsa indonesia masih kurang dalam lingkup lingkungan ataupun pelestarian yang masih di lingkup kecil, tetapi dari bentuk dukungan dan partisipasi para siswa SMA sederajat seluruh indonesia ataupun Mahasiswa seluruh indonesia yang mengikuti kegiatan lomba Essay ini dengan mengeluarkan berbagai ide, masukan ataupun inovasi untuk indonesia yang lebih baik, di lihat dari itu dapat di katakan pula masih banyak yang mencintai dan peduli akan pohon ataupun lingkungan di indonesia ini. 

 Harapan kedepan untuk kegiatan positif seperti ini terus berlanjut di karena menyangkut regenerasi bangsa itu sendiri terhadap lingkungan sekitar. Tak perlu mengajak terlalu banyak seseorang berubah dan peduli akan lingkungan, tapi mulailah pada diri sendiri terlebih dahulu untuk memperdulikan lingkungan.

SALAM LESTARI !!!

-Save our World
-Save our Trees

1 komentar: