Blue Angel Wing Heart Pengelolaan Limbah Cair Perusahaan Pulp and Paper untuk Masyrakat Sejahtera ~ Ikatan Mahasiswa Pulp dan Kertas ITSB

aac

Ikatan Mahasiswa Pulp dan Kertas ITSB | IMPAS-ITSB | Integrity - Attitude - Ability

Pengelolaan Limbah Cair Perusahaan Pulp and Paper untuk Masyrakat Sejahtera

 Pengelolaan Limbah Cair Perusahaan Pulp and Paper 
untuk Masyrakat Sejahtera 


Semakin sedikitnya jumlah air bersih yang tersisa di dunia ini menyebabkan kian berharganya air yang ada. Namun, tak jarang bahkan kerap kali kita dengar bahwa Perusahaan kertas menjadi tokoh utama dalam pencemaran limbah air dan Perusahaan ini pun terlekat dengan stigma negatif pada bayangan masyarakat umum.

Meskipun telah melakukan berbagai upaya untuk menghindari pencemaran limbah ini agar  stigma negatif itu menghilang dari masyarakat, tak banyak masyarakat yang tahu akan perbaikan yang telah dilakukan perusahan dan terus mencap negatif. Oleh karena itu, dari artikel ini penulis mencoba meluruskan tentang kesalahpahaman yang ada dan kesalahpahaman yang mungkin terjadi di hari mendatang.

Mari kita ulas dari awal penyebab Stigma negatif ini muncul di  kalangan masyarakat, faktor-faktor yang menyebabkan stigma tersebut ialah limbah yang dikeluarkan Perusahaan Pulp dan Kertas antara lain dapat menyebabkan :
1.      1, Terbunuhnya ikan, kerang dan invertebrata akuatik lainnya,
2.      2. Masuknya zat kimia karsinogen dan zat pengganggu aktivitas hormon ke dalam lingkungan,
3.      3. Menghabiskan jutaan liter air tawar,
4.      4. Menimbulkan risiko terpaparnya masyarakat oleh buangan zat kimia .

Terkait faktor – faktor yang telah disebutkan diatas,  Apakah sebaiknya kita tutup saja perusahaan tersebut ? Apakah yang perusahaan lakukan untuk memperbaiki keadaan dan dapat mensejahterahkan masyarakat ?

Dengan ditutupnya perusahaan tersebut bukanlah suatu jalan menyelesaikan masalah, malah bisa jadi menimbulkan masalah di masa mendatang, mengapa demikian? Dengan ditutupnya pabrik kertas ini akan menimbulkan banyak pengangguran dan membuat negara kita kehilangan salah satu aset pendapatannya.

Untuk itu, Coba kita lihat dari sisi perusahaan, perusahaan terus mempelajari bahaya yang ia timbulkan dan terus mendatangkan SDM terpelajar dan ahli dalam bidang ini agar tidak ada pihak yang dirugikan

Lalu apa yang telah dilakukan pihak perusahaan sejauh ini dan jarang diketahui masyarakat umum ?

Sebelum dibuang ke alam, kini limbah tersebut dilakukan pengelolaan terlebih dahulu agar tidak membahayakan lingkungan dan sisa dari limbah ini dapat dipakai kembali sehingga dapat menekan jumlah air yang digunakan

Adapun pengelolaannya dibagi menjadi 3 tahapan yaitu,

1.      1.  Fisika, pada bagian ini sisa kayu disaring dan apabila ada yang ukuraanya terlalu besar akan dikembalikan lagi ke mesin, pada bagian ini juga dilakukan pengendapan suspensi pada bak pengendap yang dapat  menghilangkan 80% zat padat yang tersuspensi dan 50-995 BOD, dan pada bagian ini Sisa cairan pemasak dalam serat dibersihkan dengan mengguna- kan washer, kemudian sisa dari cairan ini disaring kembali sebelum masuk ke unit pemekatan.
2.      2. Pengolahan air buangan secara kimia biasanya dilakukan untuk menghilangkan partikel-partikel yang sukar mengendap, senyawa fosfor, logam-logam berat, dan zat organik beracun. Cairan sisa dari hasil proses pemutihan yang menggunakan bahan kimia chlorine dioksida, ekstraksi caustic soda, hidrogen peroksida. Dalam proses pemutihan, setiap akhir satu langkah dilakukan pencucian untuk meningkatkan efektivitas proses pemutihan. Sebelum bubur kertas yang diputihkan dialirkan ke unit pengering, sisa klorin dioksida akan dinetralkan dengan injeksi larutan sulfur dioksida, selain itu perusahaan kertas juga menambahkan bahan pengendap secukupnya dan sedikit larutan hypo untuk membunuh bakteri dan jamur sebelum mengalami proses pengendapan di dalam settling basin dan penyaringan sehingga dihasilkan air proses yang bersih dan bebas jamur.
3.     3. Biologi,  bagian ini menggumpalkan dan menghilangkan/menguraikan padatan organik terlarut yang biodegradable dengan memanfaatkan aktivitas mikroorganisme.Larutan didinginkan di 6 unit menara pendingin sebelum dialirkan ke deep tank air activated sludge untuk mengurangi kandungan organik secara biologi dengan memanfaatkan bakteri dan gas oksigen dari udara yang diinjeksikan dan bantuan dari pupuk fosfor dan nitrogen.

Dari penjelasan diatas dalam pemrosesan limbah cair, perusahaan kertas telah mendapatkan kan limbah cair yang sesuai dengan standar baku mutu limbah cair yang telah ditetapkan pemerintah berdasarkan Keputusan Menteri LH No 51 Tahun 1995 untuk pabrik pulp, yakni toleransi PH dikisaran 6,0-9,0, BOD5: 150 mg/l, COD: 350 mg/l, dan TSS 150 mg. Dengan demikian, limbah ini tidak akan membahayakan masyarakat dan perusahaan ini dapat menekan penggunaan air yang mereka gunakan karena sisa air yang didapatkan dari proses akhir akan di daur ulang lagi dan dipakai kembali untuk proses.
Tidak salah bila Masyarakat berstigma negatif akan perusahaan pulp dan kertas. Namun kecurigaan tanpa mempelajari apa yang sebenarnya terjadi adalah sebuah kesalahan. Alangkah lebih baiknya bila masyarakat, pemerintah, dan perusahaan kertas berkerjasama untuk membangun Indonesia yang lebih baik bukan mengambil keputusan yang akan merugikan salah satu pihak.



1 komentar:

  1. Menjual berbagai macam jenis Chemical untuk cooling tower chiller dan waste water treatment untuk info lebih lanjut tentang produk ini bisa menghubungi saya di email tommy.transcal@gmail.com terima kasih

    BalasHapus