Blue Angel Wing Heart ORGANOSOLV PULPING ~ Ikatan Mahasiswa Pulp dan Kertas ITSB

aac

Ikatan Mahasiswa Pulp dan Kertas ITSB | IMPAS-ITSB | Integrity - Attitude - Ability

ORGANOSOLV PULPING


Organosolv merupakan proses pulping yang menggunakan bahan yang lebih mudah didegradasi seperti pelarut organik. Prinsipnya adalah melakukan fraksionasi biomassa menjadi komponen-komponen utama penyusunnya (selulosa, hemiselulosa, dan lignin) tanpa banyak merusak ataupun mengubahnya, serta dapat diolah lebih lanjut menjadi produk yang dapat dipasarkan.


Bahan pelarut yang umum digunakan yaitu :
1.      Methanol
Metanol adalah salah satu senyawa hidrokarbon dari golongan alkohol(CnH2n+2O) dengan gugus alkil hidroksil (-OH). Alkohol memiliki keisomeran fungsi dengan eter. Rumus umum metanol adalah CH4O atau sering ditulis CH3-OH. Ia merupakan bentuk alkohol paling sederhana.
Semakin bertambahnya konsentrasi metanol juga sangat berpengaruh terhadap terurainya alpha sellulosa. Tetapi apabila terlalu banyak metanol akan menyebabkan rusaknya sellulosa dan larut dalam pemasakan. Sehingga menyebabkan penurunan alpha sellulosa yang dihasilkan. Kadar metanol terbaik pada 40 %, dengan kondisi waktu pemasakan 2,5 jam pada suhu 50oC, akan diperoleh kadar pulp tertinggi sebesar 52,78 %.
2.      Etanol
Etanol merupakan salah satu komponen kimia yang karateristiknya telah diketahui. Karateristik etanol antara lain berat molekul 46,7 g/mol, titik didih 78,32oC, titik beku -114,15oC dan densitas  0,78942 g/cm3.
Lignin dapat dipisahkan dari kayu dengan pencucian menggunakan etanol. Larutan etanol dengan range konsentrasi menengah dapat digunakan untuk melakukan delignifikasi baik pada softwood maupun hardwood.
Meningkatnya konsentrasi etanol yang digunakan pada larutan pemasak, maka kandungan lignin yang hilang dari pulp semakin banyak. Sedangkan selulosa tetap tidak terdegradasi sampai konsentrasi tertinggi yaitu 40%. Bertambahnya konsentrasi etanol maka rendemen pulp yang dihasilkan akan semakin rendah. Rendemen pulp tertinggi adalah 52,27% pada konsentrasi etanol 10%, sedangkan rendemen pulp terendah adalah 42,41% pada konsentrasi etanol 40%. Penambahan konsentrasi etanol mengakibatkan semakin besarnya konsentrasi ion OH- yang ada pada larutan pemasak sehingga kemampuan delignifikasi semakin baik. Dengan kata lain semakin banyak lignin yang terlarut, sehingga rendemen semakin rendah.

3.      Asam Asetat
Pelarut organik yang banyak dikembangkan para peneliti salah satunya adalah asam asetat, baik digunakan dengan katalis maupun tanpa katalis dapat memisahkan secara selektif sellulosa, hemisellulosa dan lignin dari berbagai biomasa.
Dari hasil penelitian menunjukan bahwa semakin meningkatnya konsentrasi asam asetat yang digunakan sebagai larutan pemasak akan mempengaruhi kadar alfa selulosa yang didapat. Semakin besar konsentrasi larutan asam asetat akan memberikan kadar alfa selulosa yang lebih besar.
Kelebihan dan kekurangan proses organolov pulping
Kelebihan :
1. rendemen pulp yang dihasilkan tinggi,
2. daur ulang lindi hitam dapat dilakukan dengan mudah,
3. Tidak menggunakan unsur sulfur sehingga lebih aman terhadap lingkungan, karena menghasilkan limbah yang bersifat ramah lingkungan.
4. Proses dapat dilakukan dengan temperatur dan tekanan rendah.

Kekurangan :
1. Strength Properties dari pulp yang dihasilkan masih rendah
2. Proses Pemasakan lebih lama karena menggunakan asam atau basa lemah.
3. Derajat putih nya masih rendah.


1 komentar:

  1. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan konsultasi kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.

    Salam,
    (Tommy.k)
    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com
    Management

    OUR SERVICE
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Degreaser & Floor Cleaner Plant
    Oli industri
    Rust remover
    Coal & feul oil additive
    Cleaning Chemical
    Lubricant
    Other Chemical
    RO Chemical

    BalasHapus