Blue Angel Wing Heart NANOCELLULOSE ~ Ikatan Mahasiswa Pulp dan Kertas ITSB

aac

Ikatan Mahasiswa Pulp dan Kertas ITSB | IMPAS-ITSB | Integrity - Attitude - Ability

NANOCELLULOSE

 

NANOCELLULOSE

            Nanoselulosa adalah bagian material dari selulosa yang telah dihancurkan sehingga berukuran nano (sepersejuta meter). Beberapa jenis dari nanoselulosa, yaitu cellulose nanocrystal (NCC/CNC), cellulose nanofibers (CNF), dan bacterial nanocellulose (selulosa yang dihasilkan oleh bakteri). Diameter ukuran dari nanoselulosa biasanya antara 5-20 nanometer dan panjang nanoselulosa sekitar 100-200 nanometer. Nanoselulosa biasanya didapatkan dari proses mekanik dan hidrolisis asam kuat pada struktur selulosa. Nanoselulosa juga dapat diperoleh dari bakteri, algae, jamur, dan hewan perairan (tunicates).



            Nanoselulosa memiliki keunggulan daripada selulosa konvensional, kekuatan mekanik yang tinggi, stabilitas dimensi yang baik, dan kemampuan untuk membentuk filem tipis yang transparan. Penggunaan nanoselulosa pada kertas dapat meningkatkan sifat fisik dan mekanik kertas, seperti kekuatan tarik, kekakuan, dan daya serap air. Selain itu, nanoselulosa juga dapat memberikan peningkatan dalam ketahanan kertas terhadap cahaya, panas, dan bahan kimia.

            Untuk memperoleh nanoselulosa dapat dilakukan dengan langkah berikut :

-       Ekstraksi Selulosa

Proses dimulai dengan ekstraksi selulosa dari sumbernya. Metode umum dalam ekstraksi selulosa, yaitu pulping kimia, pulping mekanis, atau kombinasi keduanya.

-       Pemecahan Selulosa

Selulosa selanjutnya dipecah menjadi ukuran nano dengan beberapa metode, termasuk metode mekanis, hidrolisis asam, atau hidrolisis enzimatik.

-       Pemurnian Nanoselulosa

Setelah dipecah menjadi ukuran nano, langkah selanjutnya adalah menghilangkan kontaminan yang masih ada, seperti lignin, hemiselulosa, dan zat ekstraktif lainnya. Metode pemurnian termasuk filtrasi, sentrifugasi, atau pengendapan.

-       Dispersi

Teknik ini bertujuan agar dihasilkan suspensi nanoselulosa yang stabil. Dispersi dapat dilakukan dengan teknik pengadukan, ultrasonikasi, atau penggunaan surfaktan.

-       Karakterisasi

Langkah terakhir yaitu penggolongan nanoselulosa sesuai sifat dan ukuran partikel nanonselulosa.

 

Dalam praktiknya, terjadi beberapa perbedaan untuk mengolah nanoselulosa. Nanoselulosa biasanya dilakukan tahap “Pre-Treatment” agar mengisolasi nanoselulosa dan didapatkan hasil yang maksimal.

 

            Aplikasi nanoselulosa pada pabrik kertas sangatlah luas, bahkan industri kertas salah satu pengguna nanoselulosa terbesar. Nanoselulosa sering digunakan pada produksi kertas, seperti agen penguat, retention aid, printing aid, binder coating, dan barrier agent yang mengontrol transmisi oxygen dan air pada kertas. Nanoselulosa juga digunakan untuk menggantikan anorganik filler sehingga didapatkan lembaran kertas yang lebih kuat. Beberapa studi juga membuktikan bahwa nanoselulosa bisa meningkatkan kekuatan mekanikal dan durabilitas dari kertas, lalu meningkatkan draining efficiency sebesar 56% dengan komparisasi draining aid konvensional.

            Penggunaan nanoselulosa pada industri kertas diharapkan menciptakan industri kertas yang ramah terhadap lingkungan serta mengurangi limbah yang dihasilkan industri kertas, dan juga menghasilkan bahan baku yang terbaharukan.

 

SUMBER :

Dhali, K., Ghasemlou, M., Daver, F., Cass, P., & Adhikari, B. (2021). A review of nanocellulose as a new material towards environmental sustainability. Science of the Total Environment775, 145871.

Eichhorn, Stephen J., and Xiubo Zhao. "Nanocelluloses: From Nature to High Performance Tailored Materials." Walter de Gruyter GmbH & Co KG, 2018.

Habibi, Youssef. "Key advances in the chemical modification of nanocelluloses." Chemical Society Reviews 43, no. 5 (2014): 1519-1542.

Klemm, Dieter, Frank Kramer, Stefan Moritz, Thomas Lindström, Michael Ankerfors, Danick Tapio, Andrea D. Tran, and Anja Wittstock. "Nanocelluloses: a new family of nature-based materials." Angewandte Chemie International Edition 50, no. 24 (2011): 5438-5466.

Omran, A. A. B., Mohammed, A. A., Sapuan, S. M., Ilyas, R. A., Asyraf, M. R. M., Rahimian Koloor, S. S., & Petrů, M. (2021). Micro-and nanocellulose in polymer composite materials: A review. Polymers13(2), 231.

 

0 comments:

Posting Komentar