Blue Angel Wing Heart PENGGUNAAN ENZIM DALAM MENINGKATKAN SIFAT WATER RESISTANCE PADA KERTAS ~ Ikatan Mahasiswa Pulp dan Kertas ITSB

aac

Ikatan Mahasiswa Pulp dan Kertas ITSB | IMPAS-ITSB | Integrity - Attitude - Ability

PENGGUNAAN ENZIM DALAM MENINGKATKAN SIFAT WATER RESISTANCE PADA KERTAS

 PENGGUNAAN ENZIM DALAM MENINGKATKAN SIFAT WATER RESISTANCE PADA KERTAS


Kertas Waterproof
        Belakangan ini penggunaan enzim sebagai pengganti atau katalisator pada proses pembuatan kertas sedang menjadi trend. Tapi apasih enzim itu? Enzim adalah protein atau molekul yang terbuat dari protein yang bekerja sebagai biokatalisator, yaitu mempercepat suatu rekasi tanpa ikut bereaksi. Semakin banyaknya perusahaan yang beralih menggunakan enzim dikarenakan enzim ini ramah lingkungan tidak seperti chemical pada umumnya.
     
        Sampai saat ini penggunaan enzim dipembuatan kertas dan pulp masih belum terlalu luas, beberapa contohnya adalah penggunaan laccase pada proses bleaching dan alphaamylase pada modifikasi starch. Tapi, pada tahun 2014 Oriol Cusola mematenkan produk turunan enzim yang Ia dan timnya buat yang dapat membuat kertas waterproof. Enzim turunan ini bentuknya berupa aqua, sehingga mudah diaplikasikan sebagai spray seperti pada pengaplikasian surface sizing. Cusola menggunakan enzim jenis oxidoreductase dan dipasangkan dengan senyawa fenol, senyawa mengandung alcohol, atau sterol yang rantainya umumnya bersifat hydrophobic.


Reaksi Enzim Oxidoreductase (researchgate.net)  

         Namun karena pada penemuan milik Cusola tidak disebutkan enzim apa yang digunakan dalam pembuatan produk tersebut, maka kita bisa melakukan percobaan nih menggunakan enzim jenis oxireductase dan senyawa fenol. Apa saja sih enzim yang termasuk jenis oxidoreductase? Ada beberapa, misalnya laccase, cythochrome, thyroid, dan banyak lagi. Kenapa menggunakan yang jenis oxidoreductase? Enzim dengan jenis ini fungsinya sebagai katalis proses reduksi atau memindahkan elektron dari molekul A ke molekul B. hal tersebut Kertas Waterproof Reaksi Enzim Oxidoreductase (researchgate.net) mengakibatkan air sulit untuk berikatan dengan kertas sehingga kertas akan memiliki sifat water resistance yang lebih tinggi. Yuk mencoba, siapa tahu kita juga bisa menemukan formula tepat untuk membuat kertas water resistance dari enzim, kan?


1 komentar:

  1. Hari yang baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Nurul Yudianto, tolong, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman pinjaman di internet

    Setelah beberapa waktu berusaha mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman secara online tetapi saya curang dan kehilangan Rp18,7 juta, kepada seorang wanita di saudi arabia dan Nigeria.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Nyonya Rika Nadia (rikanadia6@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Lady Esther, manajer Cabang dari Access Loan Firm, sehingga teman saya meminta saya untuk mendaftar dari LADY ESTHER, jadi saya Menjerit dituangkan dan dihubungi LADY ESTHER. melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp250 juta dengan suku bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pengalihan pinjaman, saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam uang pinjaman telah dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp250 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa-doa saya dengan buku pinjaman dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati LADY ESTHER untuk mewujudkan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) atas pinjaman Anda

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nurulyudianto2@gmail.com) Salam

    BalasHapus