Blue Angel Wing Heart CHIPPING LINE ~ Ikatan Mahasiswa Pulp dan Kertas ITSB

aac

Ikatan Mahasiswa Pulp dan Kertas ITSB | IMPAS-ITSB | Integrity - Attitude - Ability

CHIPPING LINE

 

CHIPPING LINE

            Chiping adalah proses membuat atau memotong kayu menjadi serpihan-serpihan kayu kecil atau disebut juga dengan chip. Proses pembuatan chip ini berada pada bagian wood preparation dan juga merupakan awal dalam proses pembuatan bahan baku untuk dijadikan pulp maupun kertas. Spesies kayu yang sering digunakan untuk bahan baku adalah  kayu acacia dan kayu eucalyptus.

            Alasan kenapa hanya 2 jenis kayu tersebut dijadikan bahan baku pembuatan pulp dan kertas adalah:

1.     Banyak mengandung selulosa.

2.     Mudah dibudidayakan.

3.     Pohon tumbuh dengan cepat.

4.     Kualitas pulp yang dihasilkan baik.

            Berikut gambar dari alur chipping line:

            Chip yang dihasilkan pada proses chipping di wood preparation ini memiliki berbagai macam ukuran diantaranya ada chip oversize, chip overthick, dan accepted chip serta ada juga terdapat pin.

A.    Log Receiving

            Log receiving adalah tempat untuk memuat log kayu sebelum log dibawa ke debarking dengan menggunakan drum feed. Kayu dimuat dengan menggunkan alat berat yaitu escavator.

B.    Debarking

            Debarking merupakan proses pengelupsan kulit kayu dengan mesin debarker. Selain membersihakn kulit juga dapat membersihkan dari partikel lain seperti tanah, batu dan lain-lain. Setelah proses debarking kayu dibawa ke washing roll.

C.     Washing Roll

            Washing roll adalah tempat untuk mencuci dan mebersihkan kayu dari kotoran yang masih menepel pada kayu seperti pasir, batu maupun kulit yang masih menepel pada log. Setelah proses ini kayu kemudian dibawa ke chipper.

D.    Chipper

            Chipper adalah Peralatan yang berfungsi mencincang kayu log menjadi serpihan kayu atau chip. Setelah menjadi chip, maka chip akan dibawa ke screening menggunakan belt conveyor ke screening.

E.     Screening

            Screening adalah alat untuk memisahkan ukuran chip, yang terdiri dari oversize, accepted, dan pin. Ukuran kayu yang accepted akan di bawa ke chip yard, ukuran kayu yang oversize akan diolah kembali dan untuk pin akan dikirim ke boiler

F.     Chip Yard

            Chip yard merupakan tempat penyimpanan chip sementara sebelum diteruskan ke pulp making. Chip yard juga berfungsi untuk Kontinuitas produksi.

G.    Bark Conveyor

            Bark conveyor berfungsi untuk membawa kulit kayu ke boiler untuk digunakan sebagai bahan bakar. Bark conveyor berada dibawah proses debarbing dan washing roll.

 

 

 

 

0 comments:

Posting Komentar